Sejarah berdirinya PT. KARYA TOHA PUTRA

PT. Karya Toha Putra kelahirannya dirintis dari sebuah CV. yang didirikan oleh Bapak H. Sayid Toha pada tanggal 17 Oktober 1962. Kelahiran ini disahkan dengan Akta No. 27 dari Notaris Gondodiwirjo, Notaris Semarang.

Awalnya CV ini merupakan percetakan dengan 10 karyawan, dan bertempat di jalan Kauman Krendo yang sekaligus merupakan tempat tinggal Bapak H. Sayid Toha. Perkembangannya bermula dari mencetak dan mendistribusikan buku Yasin Tahlilkarya KH. Achmad Abdul Hamid dari Kendal dengan oplah 5000 eksemplar perbulan.

sejarah berdirinya tohaputra

Selanjutnya, CV mendapatkan order cetak Surat Nikah, Talak dan Rujuk (NTR) dari Kanwil Depag Jateng. Kemudian mulai mengerjakan penerbitan mushaf Al-Qur’an.

Dari Kauman Krendo, perusahaan sempat pindah dan membuka tempat usaha baru di jalan Layur sekitar tahun 1976.

Pada tahun 1978 perusahaan membuka lokasi produksi baru di Jrakah dengan lahan seluas +- 0,6 hektar dan terakhir percetakan membuka lokasi produksi baru di Mangkang tahun 1983 dengan menempati lahan seluas 1,1 hektar.

Seiring dengan perkembangan perusahaan dan Susunan Pengurus, Anggaran Dasar perusahaan telah mengalami beberapa perubahan. Perubahan yang terakhir pada tanggal 27 Februari 1996, perusahaan mengalami perubahan status dari bentuk CV menjadi Perseroan Terbatas dengan Akta No. 9 dan dirubah lagi pada tanggal 27 Februari 2008 dengan Akta No. 29 dari Notaris Mustari Sawilin, Notaris Semarang.

Perubahan ini diharapkan juga membawa perubahan atmosfir perusahaan meskipun berdiri sebagai perusahaan keluarga, namun pengelolaan yang profesional tetap dikedepankan.

Melengkapi akta pendirian juga telah diterbitkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Nomor. 517/094/11.01/PB/IV/2010 tanggal 14 april 2010. Bidang usaha adalah perdagangan barang dan jasa.

Jenis barang atau jasa dagangan utama adalah buku, alat atau peralatan tulis kantor, barang cetakan,pergudangan, perlengkapan pegawai, komputer, elektrikal, mekanikal,kelontong, jasa perbaikan alat tulis kantor, komputer dan penjilidan.

Akta pendirian perusahaan sebagai perseroan terbatas juga telah mendapatkan pengesahan yakni pengesahan akta pendirian berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : AH4.09855.AH.01.02 Tahun 2010 tentang Pengesahan Akta Pendirian Perseroan Terbatas Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tanggal 23 Februari 2010.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *