Standar Operasional Tim Editor dan Para Huffadz TohaPutra

proses pracetak al quran di tohaputra

Untuk menjamin kualitas produk maka tahapan pengoreksian yang dilakukan oleh tim kerja di PT. Karya Toha Putra, maka ditetapkan Standar Operasional Tim Editor dan Para Huffadz TohaPutra dalam 6 tahap penting.

Berikut adalah 6 tahapannya:

Tim Editor Naskah

  1. Revisi
  2. Review
  3. Validasi

3 tahap awal di bagian setting atau penyiapan naskah ini dilakukan oleh tim editor semua, yakni setelah proses penyusunan naskah selesai dilakukan oleh tim kreatif.

Revisi berarti melakukan perbaikan kesalahan pada naskah yang baru selesai dicetak, sedangkan review adalah memeriksa kembali hasil kerja layoter yang melakukan perubahan atas rekomendasi hasil review tersebut.

Terkadang, bila tim review masih menemukan kesalahan yang fatal maka bisa saja dilakukan revisi lagi. Tapi, harus dilakukan koordinasi lagi dengan tim revisi awal.

Adapun validasi, merupakan tahap akhri dari proses editing yang memastikan semua hasil revisi dan review dilakukan dengan baik oleh tim layouter.

Tim QC Huffadz

  1. Kontrol proses cetak
  2. Review hasil cetak
  3. Validasi produk jadi

Huffadz adalah jamak dari kata hafidz yang artinya para para hafidz. Dalam sistem yang berjalan saat ini dikepalai oleh satu orang dan minimal 3 anggota hafidz lainnya.

Pada proses Quality Control awal di atas dilakukan pada saat proses cetak sedang berlangsung dimana mesin sedang berjalan. Hal ini untuk menghindari jika ada kesalahan cetak sehingga proses cetak bisa dihentikan segera.

Sedangkan yang kedua dilakukan setelah proses cetak betul-betul selesai. Dan validasi dilakukan untuk produk yang sudah jadi atau dalam bentuk sempurna dan sudah dijilid.

Demikian Standar Operasional Tim Editor dan Para Huffadz dari PT. Karya Toha Putra.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *